Kamis, 11 Maret 2010

Sekilas Tentang Jaringan Distribusi CATV




catv
Sebuah jaringan tentunya menggunakan sebuah media baik itu nirkabel atau wireless maupun yang menggunakan kabel, selama ini kita hanya mengenal sebuah jaringan adalah seperti yang dipraktekan dalam dunia komputer, seperti LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network). untuk LAN kita pasti udah mengenal dengan kabel belden, sedangkan untuk WAN pasti kita udah mengenal Wireless Access Point, Antenna Orinoco dll.


Demikian juga dengan sebuah CATV atau Communal Antenna Television, yang dari arti kata - katanya adalah Sebuah Siaran TV yang digunakan untuk orang banyak, dengan apa cara menyebarkan siarannya..? nah disinilah yang akan kita bahas.

Jaringan CATV menggunakan media kabel baik kabel RG maupun kabel fiber optic yang tentunya mempunyai fungsi dan karateristik yang berbeda. Jaringan CATV yang menggunakan kabel RG adalah yang saat ini banyak digunakan untuk jaringan CATV yang ada di kota - kota kecil seperti jember ini, kabel yang digunakan adalah kabel RG 6 maupun RG 11 dengan impedansi ohm yaitu 75 Ohm. untuk yang menggunakan kabel RG kebayakan adalah sistem Single Side Transport Packet yaitu hanya komunikasi satu arah, sedangkan perkembangan saat ini sudah mulai ada yang beralih menggunakan kabel fiber karena untuk melayani komunikasi dua arah, artinya sebuah jaringan CATV yang menggunakan kabel fiber pastinya banyak berhubungan dengan tambahan aplikasi yaitu komunikasi data, baik itu internet maupun game online atau istilahnya yaitu BROADBAND.



Jaringan CATV kebanyakan adalah sebuah jaringan yang memadukan semua system Topologi dari LAN (Local Area Network) yang ada pada jaringan komputer, seperti STAR, BUS, dan TOKEN RING. koq bisa...? Sebuah Jaringan CATV memang sangat kompleks dan penuh perhitungan, kebanyakan, dari sebuah headend CATV jaringan yang keluar adalah menggunakan sistem STAR yang artinya output sebuah headend atau server pasti mempunyai minimal 2 keluaran yaitu kanan dan kiri. sedangkan jaringan distribusinya kebanyakan adalah BUS dan TOKEN RING.



Sebuah jaringan CATV memerlukan apa yang dinamakan dengan Amplifier yang fungsinya adalah menguatkan sinyal keluaran sehingga dapat terdistribusi dengan sempurna. biasanya setiap Amplifier dipasang pada titik - titik dengan ketentuan jarak yang sudah ada, nah barulah sinyal dapat didistribusikan ke rumah - rumah.

Tidak ada komentar: