Minggu, 03 Oktober 2010

Membuat Blogspot Versi Mobile



   Sudah lama sekali saya tidak menulis tutorial tentang blogspot, karena tangan newbie ini merasa gatal untuk sedikit berbagi ilmu gratis kepada rekan-rekan blogger, kali ini saya mengangkat tema blogspot versi mobile alias blog yang bisa diakses via mobile phone.Selama ini banyak orang beranggapan bahwa hanya platform blog Wordpress yang mempunyai fasilitas plugin blog for mobile version. apabila kita menggunakan wordprees kita dapat menginstalkan plugin mobile version ini dengan mudah di blog kita, sehingga pengunjung yang mengakses blog kita lewat perangkat mobile/handphone/opera Mini akan secara otomatis akan melihat tampilan blog yang jauh lebih simple (mobile version) dan memudahkan pengunjung dalam membaca isi konten blog kita



Namun apabila kita menggunakan blogspot, sayangnya kita tidak akan mendafatkan fitur ini.
tetapi ada cara agar kita juga bisa membuat blog kita tampilannya sesuai dengan browser atau hp secara otomatis. yaitu dengan mengunjungi situs ini. Cukup dengan masuk ke situs itu lalu daftarkan blog kita di sana . kita akan mendapatkan script yang kemudian kita masukan ke blog kita (ADD GADGET --. ADD HTML) . Cukup dengan 3 langkah saja blog kita sudah mobile friendly.


Akan tetapi ada sedikit kelemahan dari fasilitas ini yaitui kemungkinan pengunjung murni ke blog kita akan berkurang, karena kalau pengunjung yang mengakses blog kita lewat hp akan secara otomatis akan diarahkan ke situsnya 'blogger touch' namun namun jangan khawatir karena di dalam google webmaster sendiri sudah terdapat CHTML Mobile, WML/XHTML mobile blog anda. yang artinya ini di AKUI keberadaannya dan kunjungannya dari pengunjung yang terdirect itu tetap terhitung di google analytics.


NB : kalau anda mau membuka tampilan blog penuh seperti di pc lewat operamini. silahkan tambahkan #nord di belakang url blog.
sumber :  http://www.rmmandb.com/

Tidak ada komentar: