Kamis, 30 April 2015

Penyebab Rasa Malas Dan Solusinya

Rasa malas merupakan salah satu sifat dan sikap yang pasti dimiliki oleh seseorang dalam menjalani kehidupan. Rasa malas ini terjadi karena ketidakpuasan terhadap hasil tertentu dan tidak sesuai yang diinginkan. Rasa malas biasanya muncul setelah rasa kejenuhan yang terjadi dalam tubuh dan jiwa kita sehingga kita malas untuk melakukan aktifitas apapun. Selain itu, rasa malas ini merupakan salah satu sikap yang dapat menghambat diri kita untuk memperoleh suatu hal entah itu kesuksesan ataupun yang lainya. Kita mesti mendengar banyak orang yang gagal mencapai suatu tujuan tertentu dikarenakan rasa malas yang sangat berlebihan. Sebenarnya rasa malas dapat dihindari bahkan, dihilangkan. Akan tetapi, sebelum kita mengkaji lebih dalam tentang menghindari rasa malas. Berikut ini akan dijelaskan beberapa hal penyebab rasa malas.


1. Depresi Dalam menjalani hidup kita harus memiliki motivasi serta keinginan yang kuat agar kita dalam menjalani kehidupan selalu semangat dan bahagia. Akan tetapi, apabila kita tidak memiliki rasa semangat dan motivasi yang tinggi kita akan merasakan depresi. Depresi ini sendiri adalah rasa bosan dan jenuh karena tidak memiliki semangat ataupun motivasi hidup sehingga yang ada hanya rasa malas dan bosan.
2. Selalu berharap Tanda orang malas adalah mereka yang tidak mau bekerja ataupun berusaha. Mereka hanya ingin mendapatkan sesuatu yang instant dan hanya berharap terhadap suatu hal yang mustahil sehingga dalam hidupnya hanya berharap tanpa ada realitas yang akan dijalani. Oleh karena itu, selalu berharap merupakan salah satu hal yang menyebabkan rasa malas yang berkepanjangan.
3. Tidak memiliki gairah dalam hidup Rasa malas, bosan dan jenuh muncul karena orang tersebut tidak memiliki gairah hidup. Mereka hanya berpangku tangan dan pasrah terhadap keadaan atau kondisi yang ada pada saat ini. Oleh karena itu, mereka tidak punya keinginan lebih untuk meraih suatu hal yang besar.

Untuk mengatasi rasa malas tersebut, berikut ini juga akan dijelaskan mengenai langkah-langkah yang dilakukan untuk menghindari rasa malas. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menanamkan rasa percaya diri dan optimisme. Rasa percaya diri dan motivasi yang kuat akan membuat kita lebih dewasa dan kembali lagi untuk berani menantang kehidupan. Banyak orang yang mengalami kegagalan karena mereka kurang percaya diri dan takut akan mengulangi kesempatan kedua padahal dikesempatan kedua tersebut mereka akan mengalami kesuksesan yang sangat bernilai artinya sehingga rasa percaya diri harus selalu muncul dan tetap dipertahankan agar kita dapat meraih impian yang kita inginkan.

Untuk selanjutnya adalah dengan mengatur dan merencanakan kehidupan yang lebih matang dan teratur. Hal ini dilakukan untuk membuat hidup kita lebih teratur dan mengetahui kemana arah kita untuk menjalani kehidupan sehingga rasa malas tidak akan pernah muncul. Oleh karena itu, dengan rencana yang teratur kita tidak akan dilanda rasa malas karena kita mempunyai target yang harus dikejar.

Hal terakhir yang perlu diperhatikan untuk mengatasi rasa malas adalah selalu berfikir positif dan tanggap terhadap sesuatu. Hal ini dilakukan agar pikiran kita selalu postif untuk melangkah ke depan untuk meraih hasil yang lebih baik bukan malah menangisi masalalu yang jelas-jelas hal tersebut merupakan sikap dari pecundang dan yang paling terpenting kita harus tanggap dengan sesuatu hal karena disitulah kesempatan akan selalu ada. Tetap semangat dan positif.

Tidak ada komentar: