Kamis, 14 Oktober 2010

Sistem Monitoring Pengguna Hotspot

Sistem monitoring pengguna hotspot dibuat untuk memonitor penggunaan layanan hotspot, tujuannya adalah untuk menganalisa akses internet dari pengguna hotspot, dari sini bisa terlihat pengguna cenderung mengakses ke situs yg berhubungan dengan pendidikan yg sedang dijalaninya atau hanya sekedar hiburan saja. Disamping memonitoring pengguna hotspot sistem ini juga berfungsi untuk menganalisa keamanan pengakses dengan memblok beberapa badsite atau badport yg bisa menggangu si pengguna ataupun lalu lintas data.
Elemen penting dari monitoring pengguna hotspot adalah untuk menganalisa kecenderungan mahasiswa dalam mengakses internet dan akhirnya akan muncul suatu kesimpulan (data mining) sebagai bahan untuk mendorong mahasiswa ke hal yang lebih positif.
Seperti hal nya untuk saat ini hasil analisa, mahasiswa cenderung dalam menggunakan layanan hotspot digunakan untuk hiburan saja seperti situs social networking sepert friendster dan facebook, ini bisa dilihat dari penggunaan internet di sistem monitoring hotspot.
Sehingga dari sistem ini pihak jurusan ataupun universitas bisa membuat aturan untuk mengatur pengguna dengan memberi batasan-batasan seperti akses pengguna facebook akan dialihkan ke situs official jurusan atau universitas pada jam kerja/ jam belajar dari jam 08.00 WIB – 15.00 WIB, selebihnya diperbolehkan untuk mengakses situs tersebut.
Berikut Diagram hasil monitoring pengguna hotspot di wilayah kampus Unpad Jatinangor dan kampus Unpad Dipati Ukur.
 imageimage
image
Berikut hasil conversi kedalam excel
image
Informasi lengkap bisa di unduh disini
Referensi :
Sistem Monitoring Pengguna Hotspot  UNPAD

Tidak ada komentar: