Senin, 04 Oktober 2010

5 add ons terfavorit untuk SEO

5 Add-ons Firefox Favorit untuk SEO
Ketemu lagi dengan saya :D. Kali ini saya masih akan ngebahas seputaran SEO, ya maklumlah saya lagi seneng-senengnya ngedalemin optimasi mesin pencari yang bagi saya merupakan seni yang menarik untuk dipelajari --ngebayangin IKJ buka jurusan seni SEO :D--.


Ok, kembali ke topik coretan kali ini, 5 Add-ons Firefox Favorit untuk SEO, saya ingin berbagi add-ons Firefox yang biasa saya gunakan selama berkutat dengan optimasi mesin pencari.

Berikut ini adalah lima add-ons yang biasa saya gunakan --semoga bermanfaat juga buat teman-teman--
  1. SearchStatus
  2. Add-on SearchStatus memudahkan kamu untuk melihat PageRank, CompleteRank, mozRank maupun trafik Alexa dari situs yang kamu kunjungi. Selain itu ada fitur tambahan yang dapat kamu manfaatkan untuk melihat link report, meta-tag, whois, sitemap xml, keyword density, indexed pages dan backward links. Oh ya kamu juga bisa mengecek apakah link itu dofollow atau nofollow menggunakan add-on ini.
  3. Firebug
  4. Add-on ini saya rekomendasikan bagi kamu yang suka mendesain situs. Firebug memungkinkan kamu untuk melihat code HTML dan CSS dari sebuah situs, termasuk DOM. Kamu juga dapat me-nonaktifkan properti CSS dan melihat perubahannya secara langsung di halaman tersebut.
  5. Tab Scope
  6. Fungsinya untuk melihat preview dari tab-tab yang sudah dibuka. Pada Opera fitur ini sudah default, hanya saja pada Opera, tampilan (preview) tidak dapat diubah dan hanya selintas saja.
  7. Web Developer
  8. Fungsinya mirip dengan Firebug, hanya saja Web Developer lebih lengkap, mulai dari disable cookies, validasi CSS hingga melihat response headers.
  9. Flagfox
  10. Fungsi dari Flagfox adalah menampilkan lokasi dimana server suatu situs berada, menampilkan IP, whois, menyingkat URL dan masih banyak yang lainnya.
Mungkin kamu bertanya-tanya, kok cuma SearchStatus dan Flagfox saja yang berhubungan dengan SEO, eits jangan salah, fungsi Firebug dan Web Developer sangat penting ketika kamu akan membangun sebuah situs. Bagaimana dengan Tab Scope? add-on Firefox ini dapat menghemat waktumu ketika membuka banyak tab dan melihat apakah situs-situsmu --asumsinya, situsnya banyak banget-- yang akan dioptimasi telah selesai terbuka.

Sebenarnya banyak sih add-on Firefox yang berhubungan dengan SEO, seperti SeoQuake maupun SEO Doctor, tapi buat apa meng-install banyak add-on jika fitur yang disuguhkan tidak jauh berbeda :p.

Mari berbagi add-on SEO favoritmu disini :)

Tidak ada komentar: