Senin, 04 Oktober 2010

Sejarah Cisco

 Len Bosack dan Sandy Lerner, sepasang suami istri yang bekerja sebagai staf operasi computer di Stanford University, kemudian bergabung dengan Richard Troiano, Cisco System didirikan pada tahun 1984. Lerner pindah ke layanan komputer langsung di Schlumberger pada tahun 1987. Nama “Cisco”berasal dari nama kota, San Francisco, yang menjelaskan mengapa insinyur perusahaan bersikeras menggunakan huruf kecil “cisco” di awal hari. Untuk produk pertama Cisco, Bosack diadaptasi multiple-protokol perangkat lunak router awalnya ditulis beberapa tahun sebelumnya oleh William Yeager, seorang karyawan Stanford yang kemudian bergabung dengan Sun microsystem.

Cisco bukanlah perusahaan pertama yang mengembangkan dan menjual sebuah router, hal tersebut merupakan hal pertama karena Cisco sukses secara komersial untuk menjual router yang mendukung banyak protocol jaringan. Sebagai Internet Protocol (IP) yang digunakan secara luas, pentingnya multi-protokol routing menurun. Hari ini, Cisco merupakan router terbesar yang digunakan untuk menyampaikan paket IP dan MPLS frame.
Pada tahun 1990, Perusahaan ini terdaftar di bursa Nasdaq. Lerner dipecat, sebagai akibat Bosack berhenti mnerima $200 juta. Sebagian besar keuntungan itu diberikan kepada badan amal.
Cisco System Inc. memegang banyak merek dagang terdaftar untuk entitas bisnis, produk dan layanan di seluruh dunia. Perusahaan AS mengajukan merek dagang dari Cisco pada 13 Juni 1988. USPTO merupakan merek dagang yang diberikan pada 6 Juni 1989. Cisco telah menandai ini sebagai awal Cisco mendaftar dan diperbaharui pada 22 Januari 2009.

Tidak ada komentar: