Sabtu, 16 Oktober 2010

Cara Submit Sitemap Blog Di Google

Cara submit sitemab blog di Google emang wajib bagi setiap blog yang inging bermain seo. Submit sitemap mempunyai keuntungan yang sangat besar yaitu blog akan lebih cepat di index search engine sehngga proses index akan lebih maksimal. Kemaren ane dapet lagi request dari sobat ane waktu masih belajar di SMK dulu yang riquest tentang bagaimana cara submit sitemap blog di Google. Ya maaf klo namanya gak disebutin, ntar malah jadi salah paham lagi similies.

Submit sitemap itu emang gampang-gampang susah. Lho kenapa? Ya klo buat master atau yang sudah pernah buat sebelumnya emang mudah, tapi klo yang newbie emang sulit boss. Ane dulu waktu pas pertama nyubmit ke Google juga susahnya minta ampun. Selalau ada aja yang salah, padahal ane udah sesuai tutorial yang ane baca saat itu. similiesbisa bayangin tow betapa susahnya. Waduh..malah ngelantur nih ngomomngnya, oke kita kembali ke pokok permasalahan submit sitemap. Ini adalah beberapa langkah mudah untuk submit sitema, Oke gak usah banyak basa-basi, langsung to the point aja.

Pertamax-tamax (pertama ala Kaskus similies), agan harus punya dulu akun Google, klo belom punya daftar dulu yah (sory gak ane bahas cara daftarnya, soalnya sulit buat daftar Google acount saat ini)

Kedua, pada proses ini ane anggap agan-agan udah punya Google account, kemudian buka Webmaster Google dimana itemapkita akan diletakan. Buka http://www.google.com/webmasters/tools pada browser agan.
Setelah agan berada di halaman Home Webmaster tool Google, langsung gulung scroll kebawah pada tulisan "Ad site" kemudian masukan alamat blog/web agan lalu klik Continue, contoh pada gambar berikut.
submit sitemap on googleTahap ketiga adalah tahap untuk memverivikasi situs. Apakah agan benar-benar pemilik dari situs yang didaftarkan pada tahap kedua diatas, atau hanya orang mengaku-ngaku yang punya situs..similies .Sebenarnya ada beberapa metode untuk memverivikasi (lihat gambar dibawah), ane menyarankan untuk memakai opsi nomor dua yaitu "Add a meta tag to your homepage", kenapa? karena ini yang paling mudah dan cepet. Klo agan mau coba yang lain ya monggo tapi klo bingung ditanggung sendiri lho..he..he

submitting sitemap to googleOke, lanjut ke tahap ke-empat yaitu submit sitemap. Sitemap ini fungsinya sangat penting karena dapat di ibaratkan "menyuapi" search engine dengan makan. Dengan mensubmit sitemap, maka site engine akan lebih mudah mengindex situs sekaligus halaman blog/web. Setelah proses verivikasi berhasil, maka agan akan langsung dibawa ke dashboard sitemap. Gulung kursor kebawah dan cari tobol "Submit a sitemap...".

how to submit sitemapOke tahap berikutnya adalah memasukan alamat sitemap (bener gak yah istilahnya). Ada beberapa opsi file sitemap yang dapat agan pilih atau gunakan semuanya. Pada dasarnya ada empat jenis file yang dapat digunakan sebagi alamat sitemap yaitu :

  • atom.xml,
  • feeds/posts/default
  • feeds/posts/default?alt=rss
  • rss.xml


Agan dapat menggunakan salah satu atau semuanya sekaligus karena kecepatan indexnya juga sama dan selama ini ane mencoba empat sekaligus juga tidak ada masalah. Klo ane lebih suka pakai yang atom.xml, kenapa? Karena lebih singkat juga mudah diingat. Untuk pemasanganya klik pada tombol "Submit a sitemap" dan masukan salah satu file sitemap diatas (kalau mau pakai empat sekaligus, harus satu-satu submitnya, gak bisa langsung empat). Lihat gambar berikut.

simple tips to submit sitemapSampai langkah ini submit sitemap sudah selesai dan sampai saat ini pula, ane belum pernah mengalami ERROR. Oke lah, jika proses submiting berhasil, maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut dengan hiasan "cendol ijo" (kecanduan Kaskus nih. . .) pada bagian Status. Kalau gagal biasanya cendol akan berubah menjadi tanda silang dan berwarna merah, namun jika agan mengikuti tutorial ini dengan seksama, ane jamin deh gak bakalan gagal.similies

submit sitemap
Sampai disini dahulu penjelasan ane tentang cara submit sitemap di Google Wbmaster, semoga dengan posting ini temen yang kemaren request bisa terbantu. Oh ya, buat yang gagal dengan steps by step diatas silahkan dikomplain dikomentar dibawah dan buat yang berhasil gemilang ditunggu

Tidak ada komentar: